DETAIL BERITA

A Short Page Title Tagline
Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow meraih penghargaan pelaporan E-Report Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum paling tepat waktu Tahun 2023

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow meraih penghargaan pelaporan E-Report Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum paling tepat waktu Tahun 2023

Lolak, – Kegiatan pembinaan dan pengembangan JDIH Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Kemenkumham Manado. Senin (26/02/2024), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Dr. Ronald Lumbuun, S.H., M.H. menyempatkan diri berkenan untuk membuka kegiatan tersebut.

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang selanjutnya disingkat JDIH merupakan suatu sistem pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat. Dokumen Hukum adalah produk hukum yang berupa peraturan perundang-undangan atau produk hukum selain peraturan perundang-undangan yang meliputi namun tidak terbatas pada putusan pengadilan, yurisprudensi, monografi hukum, artikel majalah hukum, buku hukum, penelitian hukum, pengkajian hukum, naskah akademis, dan rancangan peraturan perundang-undangan. Informasi Hukum adalah semua data dan keterangan yang terkandung dalam Dokumen Hukum. Sistem Informasi Hukum adalah suatu sistem untuk mengelola database peraturan perundang-undangan.

Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, pelestarian, dan pendayagunaan informasi hukum. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemberian penghargaan terhadap anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum se Sulawesi Utara, penghargaan dengan kategori pengelolaan terbaik tahun 2023 diraih oleh Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, sementara itu untuk kategori penyampaian laporan pengelolaan JDIH paling tepat waktu melalui E-Report tahun 2023 diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengelola dokumen hukum dari berbagai unsur yaitu perwakilan dari Universitas, Bagian Hukum se Sulawesi Utara, dan Biro Hukum Provinsi Sulawesi Utara. Narasumber utama kegiatan ini dari Pusat JDIH Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional, Bapak Idham Adriansyah (Pranata Komputer Ahli Muda JDIHN) yang pada kesempatan itu banyak memberikan masukan dan ilmu terkait teknis pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum.

  • Created At : 1 month ago
  • Updated At : 1 month ago