DETAIL BERITA

A Short Page Title Tagline
Kominfo Bolmong Gelar Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi Dan Implementasi Sertifikat Elektronik

Kominfo Bolmong Gelar Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi Dan Implementasi Sertifikat Elektronik

Bolmong,- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Bolmong menggelar Sosialisasi kesadaran keamanan informasi dan implementasi sertifikat elektronik bagi pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten bolaang mongondow secara virtual di Ruang Rapat Dinas Kominfo Selasa, 16/11/2021.

Dengan peserta adalah kepala OPD dilingkup Pemerintahan Kabupaten Bolmong, Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Guruh Prasetyo Putro, S.ST, M.Si. Han Jabatan Sandiman Muda pada direktorat kemanan siber dan sandi pemerintah daerah deputi 3 (Kelompok/ manajemen resiko tingkat kemanan siber dan sandi sektor pemerintah daerah dan Balai Surat Elektronik (BSRe) Agus Mahardika Aril Laksmono, S.ST Sandiman Muda pada BSRE.

Sekretaris Daerah Bolmong yang diwakili oleh Asisten 3 Setda Kabupaten Bolmong Drs. Ashari Sugeha, dalam arahannya meminta kepada seluruh kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bolmong untuk segera mengimplementasi Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang menjadi satu kesatuan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasisi Elektronik (SPBE) agar menuju terselenggaranya pemerintah yang akuntabel ,efisiensi,dan efektifitas di Kabupaten Bolmong.



Agus Mahardika Aril Laksmono, S.ST dari BSRE menyampaikan ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh instansi pemerintah dalam implementasi implementasi tanda tangan elektronik, antara lain Keaslian dan Keamanan dokumen elektronik dapat diverifikasi, Mengurangi waktu permohonan persetujuan, dan mengurangi penggunaan kertas (Paperless).



Kadis Kominfo Kabupaten Bolmong , Marief Mokodompit, S.Kom. melalui Kepala Bidang Persandian dan Statistik Imran Paputungan menyampaikan bahwa Sosialisasi yang dilaksanakan adalah upaya Dinas Kominfo Kabupaten Bolmong untuk mempercepat implementasi Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam hal pemenuhan aspek keamanan informasi, serta memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai Sertifikat Elektronik.

“Sertifikat elektronik merupakan salah satu cara memberikan jaminan keamanan transaksi elektronik dalam mendukung tata pemerintahan yang baik. Sertifikat elektronik sangat praktis karena kita tidak perlu membawa banyak dokumen untuk melakukan tanda tangan digital ataupun menambahkan sertifikat digital pada suatu dokumen, namun cukup mengklik menu pada aplikasi yang sudah ditanamkan sertifikat/ tanda tangan digital,” ungkap Imran.

  • Created At : 2 years ago
  • Updated At : 2 years ago